Media - Media Detail

5 (Lima) Tips Cari Gudang Disewakan

27 September 2022 - Artikel

Mencari gudang disewakan menjadi kegiatan rutin dalam bisnis. Baik itu sebagai gudang penyimpanan maupun gudang distribusi. Berikut ini tips cari gudang disewakan.


Tentukan Tujuan Sewa Gudang

Tentukan dulu tujuan sewa gudangnya, yakni hendak digunakan sebagai gudang penyimpanan, biasanya akan diisi bahan mentah produksi, sehingga lokasinya pilih yang sedekat mungkin dengan tempat produksi atau pabrik, ataupun hanya sebagai tempat transit barang-barang hasil produksi yang hendak didistribusikan atau dipasarkan, sehingga pilih yang lebih dekat dengan lokasi pasar, target market yang disasar. Juga syarat dan spesifikasi gudang yang sesuai.


Cari Informasi

Selanjutnya cari informasi sebanyaknya secara lengkap dan seakurat mungkin mengenai gudang yang hendak disewa. Informasi tersebut bisa dari mana saja, baik secara offline dari rekomendasi teman dan kerabat maupun secara online lewat web nya ataupun iklan dari mesin pencari atau search engine. Pilih lokasi gudang yang tepat dan cermati penawarannya. Simpan baik-baik informasi tentang daftar gudang yang disewakan tersebut karena suatu saat akan diperlukan lagi. Usahakan selalu di up date data-datanya.


Kunjungi Lokasi dan Cek Gudang

Lalu hubungi kontak nomornya dan cek kondisi gudang. Periksa apakah lokasinya sesuai dengan kebutuhan, lalu cek kondisi bangunan gudang, cek ventilasi udaranya, juga kondisi mesin cold storagenya jika yang diperlukan adalah gudang dengan pendingin udara. Pastikan kondisi fisik gudang memadai dan layak sesuai spesifikasi yang diperlukan. Bangunan gudang dalam kondisi yang baik, tidak ada kerusakan dan siap digunakan. Lalu cek ukuran luasnya. Jangan pilih gudang yang terlalu luas dari kebutuhan agar tidak terjadi pemborosan. Tapi jika gudang yang ada terlalu sempit maka bisa pertimbangkan untuk menyewa lebih dari satu gudang di lokasi yang berdekatan.


Cermati Status Hukumnya

Lalu jika kondisi bangunan gudang telah sesuai dengan spesifikasi gudang yang diperlukan, begitu juga dengan alamat lokasinya, maka berikutnya adalah cek status hukumnya. Yang terbaik adalah lahan dan bangunan dengan status SHM (Sertifikat Hak Milik) dilengkapi IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) yang memang untuk gudang dan biasanya berada di kawasan areal pergudangan, dan telah mendapat persetujuan dan tidak khawatir dari lingkungan warga sekitar, dan yang terpenting kondisi keamanannya terjaga baik. Beberapa hal tersebut bisa diabaikan jika tujuan menyewa gudang adalah dalam jangka pendek saja, hanya dalam kondisi darurat, tapi jika akan disewa dalam jangka waktu yang lama maka perhatikan benar beberapa faktor tersebut. Pastikan kondisi barang yang akan ditempatkan di gudang tersebut aman secara fisik, dalam arti tidak akan menjadi rusak dan juga tidak akan hilang. Tetap utuh dan dalam kondisi yang baik saat dikeluarkan dari gudang. 


Keamanan dan Akses Jalan

Lalu selain fasilitas jaminan keamanan dan harga sewa yang ditawarkan maka perhatikan juga kondisi jalannya, gudang yang akan disewa tersebut hendaknya mudah diakses juga. Bisa diakses oleh kendaraan pengakut barang dengan mudah hingga sampai pintu gudang. Lebih baik lagi jika gudang telah dilengkapi dengan CCTV dan satpam penjaga, dengan lampu penerangan yang cukup.

Itulah lima tips dalam mencari gudang disewakan yang tepat.

Realated Media